Home > Keluarga, Kesehatan, Misc > Ternyata Wortel Tidak Bisa "MENYEMBUHKAN" Mata Minus

Ternyata Wortel Tidak Bisa "MENYEMBUHKAN" Mata Minus

Ternyata itu cuma mitos. Termasuk juga pendapat yang mengatakan memakai kacamata terus-terusan akan membuat minus bertambah banyak.

Menurut penelitian ilmiah, wortel memang mengandung banyak vitamin A, tapi kesalahan sistem optik pada mata tidak bisa diperbaiki dengan vitamin A. Ibarat kamera yang lensanya sudah tidak fokus. Film dari merek berkualitas pun akan merekam gambar yang buram jika lensanya tidak sempurna. Dijelaskan dr. Hadi Prakoso W., Sp.M., “Orang menganggap vitamin A berperan dalam fungsi penglihatan manusia, tapi sebenarnya vitamin A lebih banyak berperan pada metabolisme sel-sel saraf yang ada di retina. Jadi, banyak makan wortel pun tak dapat mencegah jumlah minus, plus, atau silinder lensa kacamata anak,” ujar optalmologis dari Jakarta Eye Centre ini.

Ada juga anggapan yang mengatakan kacamata jangan terus-terusan dipakai karena malah akan menambah minus. Menurut Hadi, pendapat itu juga tidak logis. Sama dengan anggapan kalau kacamata harus selalu dipakai agar minusnya tak bertambah parah.

Ia menjelaskan, perkembangan ukuran bola mata sama seperti perkembangan tubuh manusia. Lihat saja ukuran bola mata bayi yang lebih kecil ketimbang ukuran bola mata orang dewasa. Hal ini berarti dari masa bayi hingga masa dewasa sebetulnya terjadi perkembangan pada ukuran atau dimensi bola mata. Pada 2 tahun pertama yang sangat berkembang adalah sistem optik di bagian depan mata (segmen depan), yaitu sebesar 60%. Setelah usia 2 tahun seg- men depan masih berkembang tapi sudah tidak begitu pesat.

Segmen belakang, lanjut Hadi, akan tumbuh pesat saat usia anak berkisar antara 4 sampai 15 tahun yang kemudian melambat dan berhenti di sekitar usia 18 tahun. Saat itu, bagian belakang bola mata dimana retina berada makin lama makin panjang sesuai dengan pertambahan usia. Jadi, kalau minus pada mata anak bertambah besar, itu karena jarak retina ke lensa makin panjang sehingga minusnya pun akan bertambah besar. Dengan begitu penambahan minus pada usia pertumbuhan terjadi secara alami. Nah, kondisi miopia rabun jauh yang parah dapat terlihat melalui USG yang memperlihatkan segmen belakang bola mata yang sangat memanjang. “Jelas, kan, pertambahan minus sebenarnya tidak bisa dicegah. Banyak orang tua yang datang meminta kiat mencegah bertambahnya minus pada anak. Ya… itu tidak mungkin kecuali kalau anaknya dibonsai,” kelakar Hadi.

MENGENAL ORGAN MATA

ORGAN MATA bisa diibaratkan kamera. Bola mata yang terdiri atas kornea mata dan lensa mata merupakan bagian sistem optik yang cara kerjanya sama dengan sistem optik di kamera. Sementara retina yang berfungsi sebagai sensor pada mata bisa dianalogikan sebagai film yang dipasang dalam kamera. Imej semua benda yang dilihat mata, akan difokuskan di retina.

Nah, bila konstruksi bola matanya mengalami ketidaksempurnaan, seperti lensanya tidak sempurna atau tidak sesuai dengan keseluruhan konstruksi bola mata maka fokus bisa jatuh di depan retina atau di belakang retina. Akibatnya mata anak tidak bisa memfokuskan imej benda-benda yang dilihatnya atau disebut refraksi. Kelainan refraksi tak memandang usia, bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa.

Deteksi kelainan refraksi pada anak-anak biasanya berlangsung dengan melihat perilakunya. “Biasanya orang tua mengeluh, ‘Dok anak saya, kok, kalau nonton teve maunya ke depan terus. Kalau disuruh menjauh malah protes. Bisa juga terlihat anak selalu menyipitkan mata atau memiringkan kepalanya setiap nonton teve. Sedangkan pada anak usia sekolah, gejala kelainan refraksi dapat terlihat dari seringnya anak berjalan mendekati papan tulis atau sering kedapatan salah menyalin.” Untuk mengatasinya anak harus mengenakan lensa buatan berupa kacamata. Dengan alat bantu ini barulah matanya bisa melihat dengan tajam dan bersih.

PENYEBAB REFRAKSI

ASAL TAHU saja, kuat-lemahnya sistem optik pada mata terjadi dengan sendirinya. “Memang dari sononya sudah begitu. Jadi bisa dikatakan sudah merupakan bawaan lahir.”

Penyebabnya antara lain, faktor genetik. Sering, kan, pasangan atau salah satu orang tua yang berkacamata memiliki anak yang juga berkacamata. Memang fakta tersebut belum didukung kuat dengan suatu data penelitian, tapi Hadi banyak menemukan kasus seperti itu dalam praktek sehari-hari. “Gen pembawa bakat kelainan refraksi ini bisa dikatakan kuat,” ujarnya.

Namun, tentunya kita tidak dapat menghilangkan fakta, orang tua yang tak berkacamata bisa saja memiliki anak berkacamata. Apa pemicunya jika bukan karena faktor keturunan, menurut Hadi, hingga kini belum diketahui. Apakah frekuensi nonton TV atau duduk di depan komputer yang terlalu sering? “Pernyataan tersebut belum dibuktikan secara empiris. Lagi pula tidak semua orang yang banyak nonton teve akan mengenakan kacamata bukan?” tukasnya.

Toh, asumsi tersebut tetap tak ditolaknya 100%. Bisa jadi pemicu makin banyaknya orang berkacamata dipengaruhi pola hidup masyarakat yang sudah berubah. “Dulu anak-anak memang sudah nonton teve tapi kalau sore masih bisa main layang-layang di luar rumah. Namun, sekarang lingkungan di luar rumah menjadi semakin tak bersahabat sehingga anak jadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah, di depan monitor teve atau komputer. “Tapi sekali lagi hal ini belum pernah dikemukakan secara ilmiah. Jadi kita masih tidak tahu pasti,” tekannya.

MACAM KELAINAN REFRAKSI

INILAH BEBERAPA kelainan refraksi yang kerap dijumpai:

* Miopia

Kelainan sering diistilahkan rabun jauh. Terjadi karena sistem optik yang sangat kuat pembiasannya, sehingga fokus bayangan benda yang dilihat akan jatuh di depan retina. Kelainan ini bisa dikoreksi dengan lensa minus. Oleh sebab itu, mata miopia dikenal sebagai mata minus.

* Hipermetropia

Kalau yang ini dikenal dengan istilah rabun dekat. Apa yang terjadi pada rabun dekat merupakan kebalikan dari miopia, yaitu sistem optik yang terlalu lemah sehingga fokus dari bayangan benda yang dilihat akan jatuh di belakang retina. Kelainan ini harus dikoreksi dengan lensa plus sehingga fokusnya maju ke posisi normal. “Pada bangsa-bangsa di Asia Timur, mata minus atau rabun jauh lebih dominan ketimbang rabun dekat. Namun, di kalangan bangsa Barat atau Arab penderita hipermetropia lebih banyak dibandingkan dengan mata minus,” ujar Hadi.

* Astigmatisme

Kelainan ini tidak hanya meliputi masalah bagaimana fokus bayangan dibentuk, karena fokus benda yang dilihat terpecah menjadi dua bayangan. Biasanya astimagtisme terjadi karena lengkung datar kornea dan lengkung tegak kornea tidak simetris. Keadaaan ini bisa dianalogikan dengan lengkungan pada sendok. Pada satu sisi ada yang landai sedangkan sisi lainnya terjal. Kalau sistem optik atau suatu lensa terlalu melengkung/terjal maka cahaya yang terbias melalu retina menjadi terlalu dekat. Sedangkan lengkung yang landai membuat fokusnya menjadi terlalu jauh. Akhirnya, imej atau citraan yang jatuh jadi terpecah dua.

Nah, kelainan ini yang oleh orang awam disebut sebagai mata silinder. Namun, terminologi mata silinder ternyata tak tepat karena sebenarnya bukan matanya yang silinder tetapi lensa yang fungsinya mengoreksi keadaan astigmatisme itulah yang bersifat silinder. Jadi, yang ada lensa silinder bukan mata silinder. Kasus astigmatisme banyak dijumpai pada orang Asia.

* Kombinasi Kelainan

Kelainan lensa silinder bisa dibarengi dengan kelainan mata minus atau plus. Kalau kelainan astigmatisme berbarengan dengan kelainan rabun dekat, maka fokus benda yang terlihat terpecah menjadi dua dan jatuhnya di depan retina. Gangguan ini bisa diatasi dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa minus. Sedangkan bila dibarengi rabun jauh, fokus benda yang terpecah akan jatuh di belakang retina. Gangguan seperti ini dapat diatasi dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa plus. Intinya menurut Hadi, hampir semua kelainan refraksi dapat diatasi dengan kacamata.

KALAU KELAINAN TERUS BERTAMBAH

JIKA SETELAH lewat usia 18 tahun, minus tetap bertambah, maka penyebabnya tak lain adalah faktor penurunan fungsi sistem optik dan retina pada mata yang bersangkutan. Bisa juga penyebabnya adalah miopia patologis atau keadaan dimana bola mata terus memanjang. Seharusnya, menurut teori, di usia 18 tahun perkembangan bola mata sudah berhenti.

Ada dugaan, miopia patologis ini bisa diperparah dengan kebiasaan banyak membaca. Di saat membaca, otot-otot di sekitar bola mata dikondisikan untuk mengalami kontraksi atau penegangan. Kalau kontraksi otot mata berlangsung terus, maka bola mata bisa semakin memanjang. “Hanya saja penelitian ini dilakukan pada para penderita miopia, bukan pada orang dengan mata normal. Jadi tak bisa dikatakan banyak membaca akan membuat orang jadi berkacamata,” ujar Hadi menegaskan.

Kesimpulannya, kacamata hanya berfungsi membantu agar mata dapat melihat lebih jernih dan jelas, bukan untuk mencegah atau justru menambah kelainan yang ada. Juga, apakah kacamata itu dipakai atau tidak, maka tidak akan memberi pengaruh. Hanya saja tentu, kalau kacamata dipakai, anak akan melihat dengan jelas, sedangkan kalau tidak, penglihatannya tetap buram.

[ Sumber: NAKITA/Faras Handayani ]

Categories: Keluarga, Kesehatan, Misc
  1. August 23, 2007 at 9:40 am | #1

    Ohya, sebagai info beberapa waktu lalu adikku dari medan datang ke jakarta untuk ikut test di AU ( angkatan Laut ). Waktu cek mata, ternyata matanya minus 3,5. Dapat info dari om, katanya pake obat tetes OTEM . Dicobalah menggunakannya. 2 minggu kemudian, dicek lagi ke optik, ternyata minusnya tinggal 1,5. Wah, oke juga tuh obat. Cuma waktu make’ nya perih banget.

    • putz
      May 16, 2009 at 12:54 pm | #2

      beli nya dimana tu??

    • Amier
      November 23, 2009 at 7:52 am | #3

      belinya dimana ..
      saya pingin banget sembuh ..

  2. veri
    September 3, 2007 at 12:53 pm | #4

    wah boleh juga obatnya tuh (OTEM), belinya dimana pak ??

  3. September 3, 2007 at 2:05 pm | #5

    Sepertinya tidak ada di apotik :)
    Dulu saya beli masjid.. biasanya kalo hari jum’at banyak yang dagang..
    Atau coba aja beli disini : http://www.tokohaba.info/cart/index.php?act=viewProd&productId=11

  4. Nu’aim Abubakar Basyaiban
    September 7, 2007 at 12:57 pm | #6

    syukron, infonya sangat bermanfaat u/ nambah wawasan:)

  5. hiDa
    September 23, 2007 at 2:39 pm | #7

    mata saya minus 2. pengen bgt sembuh, and ga pake kacamata lagi. tapi gimana caranya ya???
    pernah denger c obat mata tersebut (OTEM) tapi saya takut obat itu berdampak negatif nantinya, seperti kebutaan, atau yang lain….
    ada saran ga???

  6. September 26, 2007 at 12:41 pm | #8

    mbak hida, obat ini dari bahan alami. semoga saja tidak ada efek sampingnya. cuma ya itu, cukup pedih saat di pakai…..

  7. shiho
    October 1, 2007 at 11:49 am | #9

    eh mau donk obatnya beli dimana tuh n harga nya berapa???? saya masih muda bgt niy tapi minus dah gede z… bagi-bagi info nya dwonk………..

    • adam
      August 19, 2009 at 12:21 pm | #10

      bagi juga dong obatnya…….
      sy sudah minus 100 nech.tp msh tkut pke kacamata

  8. prias
    October 11, 2007 at 8:15 am | #11

    Setelah adiknya mas ishak memakai obat itu apakahbeberapa bulan berikutnya ada efeknya ga? aku sebenarnya pengen coba tapi kok masi takut ya, kalo da efek sampingnya… soalnya aku pengen bgt ga pake kacamata, dah minus 2 neh.. cape pake kacamata…

  9. October 29, 2007 at 2:33 pm | #12

    Sampai saat ini tidak ada masalah apa2 tuh. Normal-normal saja.

  10. greg hardianto
    November 13, 2007 at 1:09 pm | #13

    mo tanya nich mas, di Bali OTEM nya ada yg jual juga gak? soalna minus ku juga udah parah bange…!!! tremskasih banyak sebelumnya buat jawabananya!!!!

  11. November 18, 2007 at 1:21 pm | #14

    aku juga baru umur 30 tahun kok udah minus 9 yang kiri minus 7.5, pernah aku coba di potong pake silet karena stress, terus aku sempet di bawa ke rumah sakit karena banyak darah mengalir, terus 3 bulan ke rumah sakit jiwa tetapi tetep mata tidak sembuh. Ada yang nyaranin di operasi lasik, tapi karena gak ada duit akhirnya aku lompat dari gedung lantai 2 terus ke rumah sakit lagi 6 bulan kakiku di gips karena keduanya patah, tapi meskipun di gips tetep mataku gak sembuh. Terus sama ustadz malah di bilangin harus sabar, meskipun aku sabar selama 2 tahun minusku malah bertambah gede.

  12. November 18, 2007 at 1:25 pm | #15

    Aku udah coba tuh obat tetes OTEM aku beli di masjid salman itb di tukang obat yang bisa sulap, cuman rasanya panas di mulut sampai mau muntah tapi perasaan gak ada reaksinya sama mata.. pedih juga nggak.

  13. November 19, 2007 at 1:04 pm | #16

    #Kiske
    Kok bisa sampai segitunya yah ? moga aja bisa ada perubahan. Saya saranin sih jgn beli dari tukang sulap.

    #greg hardianto
    Coba aja cari disini http://www.tokohaba.info/cart/index.php?act=viewProd&productId=11

  14. November 28, 2007 at 8:22 pm | #17

    ass. shiho, hardianto dkk…..anda lokasi dimana…kl di jkt OTEM ada didaerah pdk. kopi……dl ane pernag coba tp gak rutin…minus ane lom kurang trus ane berhenti pake….(munkin karna gak ruti ..hiks)emang pedih tapi gak ada efeknya tuh selain pedih sesaat…hbs pake prsaan terangan mta getu…tar insya allah cb lgn rutin….wss

  15. November 29, 2007 at 3:34 pm | #18

    #arie
    Semua hal yang dilakukan tidak rutin, pasti jg hasilnya kurang sesuai dgn yang kita harapkan. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, obat ini cukup perih. Tapi alhamdulillah terbukti untuk ponakanku.

  16. Muj’k Mujiono
    December 1, 2007 at 5:11 pm | #19

    Makasih info diatas…………
    Mataku R=-1.50 Cyl=0.50 & L=1.25 Cyl=0.50 slama 4th dioptrinya tetap,jk d+ ukuran rasanya g’ enak………….
    Ada g’ obat mata slain OTEM cos aku dah coba slama 1bl tp g’ da prubahan…???

  17. Anton
    December 7, 2007 at 1:21 pm | #20

    Tuk bnk Ishak,tlg harganya duNk…….
    n ntu ad depkes_nya g ya???
    tang kyu…(czz q jg perlu gt)

  18. December 7, 2007 at 4:54 pm | #21

    #Anton,
    Kalo depkesnya seingat saya nggak ada, mohon maaf, agak sedikit lupa. kalo harga, dibawah 50rb an sepertinya.

    Sudah lama soalnya nggak beli. Cb saja lihat di link yang ada diatas.

  19. keke
    February 22, 2008 at 10:51 am | #22

    loha…btw bisa ga mata minus disembuhin total n jadi normal lagi? coz minus gw kanan 3 kiri 2,75. kalo kaca mata dipake teruz rasanya pegel n malah cepet pusing, ditambah lagi gw punya migrain jadi cepet banget kambuh. truz kebetulan gw kerja yang lebih banyak didepan komputer. truz kalo pake softline minus bagus ga seh?
    please help me ya….
    thx b4.

  20. nihkub
    March 18, 2008 at 7:54 pm | #23

    mas2….
    pada umur 12 tahun saya uda pake kacamata je, cos wa klo liat TV deket2, kira2 2meter-an lah……
    saat itu mines Q 1,25

    trus pas umur 14th minus Q nambah lagi jadi 2,25……
    cos, saat itu wa baru knal yg namanya Komputer….

    weeeee…….
    pas umur 16 ampe wa nulis ini minus Q jadi 4……..
    koQ tambahnya drasris ya ??????
    Trus wa baca suatu tulisan di Internet yg nulis klo minusnya dah 4,5 udah ga iso di sembuhin maning……..

    ini gimana ya????

    wa bingung bgt neeehhhhh!!
    sebelum tambah parah,
    tulung dunkz kasi saran2 biar minus wa kaga nambah parah lageee !!!

  21. inna
    May 19, 2008 at 12:56 pm | #24

    Saya sdh pernah memekai tetes mata OTEM krn saran dari teman.Wktu itu minus mata saya 2,5 setiap hari saya selalu rajin pke tetes mata OTEM, mmng rasanya sangat perih sekali tp dm ksembuhan selalu saya gunakan rutin slm 3 bln sth itu saya cek ke dokter ternyata minus sy tidak berkurang seditpun.Tp bkn berarti OTEM ga’da khasiatnya,sjak pke otem mata saya ga’prnh iritasi ataupun gangguan mata lainnya.Sjak pke otem mata saya trs lbih enak,krn saya sll pke soft lens jd dlm sbln psti ada aja gangguan mata entah itu mata lelah,trsa ga,enak ,dll,tp stlh pke otem gangguan itu gak prnah ada lg….Jd brdasarkan pngalaman sy otem tdk mnyembuhkan mnus mata,tp bisa mengatasi gangguan2 mata lainnya………………..

    • ayd
      June 8, 2009 at 8:06 pm | #25

      inna skg msh di bandung? msh suka ke kuningan? pernah tdk pa ari bilang sesuatu hal yg privacy ke inna? semoga inna tdk marah ya, afwan

      • July 16, 2009 at 5:29 pm | #26

        Maaf, saya bukan inna.. :D

  22. reanes
    June 20, 2008 at 8:58 pm | #27

    Aku pernah bca bku’terapi mata’.Sempet jg praktekin,hasilnya lmyan.Sayangnya gw g rutin.Gw denger mlah minus 3 dah sulit sembuh.

  23. October 27, 2008 at 7:36 am | #28

    Tulisannya ok banget tapi bagaimana ada cara lain nggak yang bisa menyembuhkan mata plus maupun minus?
    Thank’s

  24. triend
    December 27, 2008 at 3:54 pm | #29

    lalu untuk operasi mata itu bagaimana ?!?!?!

    untuk Ishak,,,,
    apa benar obat itu bisa menyembuhkan ?!?!?!
    soal efeknya bagaimana ?!?!?!
    kira2 gimana caranya saya bisa dapetin obatnya ?!?!?!?!
    terima kasih……

  25. rhyna
    December 29, 2008 at 10:45 pm | #30

    aku sudah pakai kacamata sejak tahun 2005 ko’ sampai sekarang gak sembuh2 juga,malah minusnya bertambah.minta sarannya dong…agar mata saya kembali normal?

  26. January 2, 2009 at 8:52 pm | #31

    Gimna caranya ngebuktiin mata mines atw tdk selain gak ke doktr mata???
    Thank befoRe

  27. January 2, 2009 at 9:06 pm | #32

    Gimana ya carax ngetes mata minus atw tdk, selain gak periksa ke dokter???
    Kirimin dunk infox…

  28. icha
    January 25, 2009 at 8:31 pm | #33

    saya mengalami mata yang agak rabun saya sudah pakai kcmata yang sudah 2 minus
    tapi saya menhgarapkan agar mata saya dpt sembuh dari rabun

  29. ningsih
    March 7, 2009 at 5:19 pm | #34

    mo gabng nich

    lau,,mengenai pijat syaraf itu gmn???????????

  30. ningsih
    March 7, 2009 at 5:21 pm | #35

    dah capek nie pake kaca mata……

    gx teu mulai kapan

    klz 1 smp,,teu2 dah minus 2

  31. atho basyaiban
    March 31, 2009 at 11:06 pm | #36

    syukron. makasih banget atas infonya..

  32. atho basyaiban
    March 31, 2009 at 11:08 pm | #37

    ana minta sarannya dong. ana dudah pake kacamat sejak 2004 tapi g sembuh2. maah tambah. sukron

  33. astri
    April 7, 2009 at 10:46 am | #38

    mksih ya mas
    klu di kota bukittinggi (SUMBAR) ada gk OTEM itu?

    mslhnya saya pgin bgt gk pakai kacamata lagi

    oy selain OTEM, dari buah-buahan ada gk obatnya?

  34. April 24, 2009 at 7:58 pm | #39

    wah keren

  35. mdryangood
    April 27, 2009 at 8:48 am | #40

    informasi anda membanty saya thax

  36. April 30, 2009 at 5:21 pm | #41

    aku juga mau beli nih”” di solo ada gak ya. kalau bisa di kirim bisa gak?

  37. niken
    May 6, 2009 at 7:44 am | #42

    temen aq ada yang make obat yang bergambar mengkudu, warna obatnay hitem, tapi merknya lupa namanya. sekarang dia sembuh total… kira-kira ada yang tau ga????

  38. July 5, 2009 at 11:18 pm | #43

    aku lagi c0ba 0bat alami, kalu d t4 saya namany bunga mbak0, mudah d dapat k0k. ambl 7 bunga, d rebus, lw dh dingin rimbang mata dg mengedip – ngedipkan d dalam t4 yg sudh d sediakan. insya Allah smbuh.

  39. August 13, 2009 at 11:08 am | #44

    di daerah jimbung klaten jateng ad k0 dokter yg bka praktek pijat mata d rumahx. 1x terapi sa ngilangin min 0.5 . byar ny seiklsnya kug.

  40. turam
    October 28, 2009 at 11:12 pm | #45

    iy mas viton, ak jg pijet d situ, alhamdlilah mata saya bisa berkurang minusnya

  41. ikkaayu
    November 16, 2009 at 6:48 pm | #46

    mas saya mau tanya
    reaksi setelah memakai OTEM ini seperti apa ? maksud saya reaksi selain perih dan keluar cairan putih.. apakah mata menjadi buram atau bagaimana ?
    kemudian yang terjadi setelah pake OTEM apabila kita memakai kacamata kita yang sblmnya apakah semakin buram dgn kacamata kita tsb atau sangat terang saat memakai kcmt tsb sehingga menjadi pusing ?

    trims

  42. ikkaayu
    November 17, 2009 at 5:28 am | #47

    assalamualaikum

    mas saya mau tanya .. setelah pakai OTEM bagaimanakah penglihatan kita apabila kita memakai kacamata lama kita ? apakah buram atau tambah terang ya ?
    dan ada yg bilang setelah pake otem kacamatanya dipake kalo diperlukan saja . padahal penglihatan saya belum sepenuhnya normal . bagaimana bisa tidak memakai kacamata sehari2nya .. lihat orang jarak beberapa meter udah buram

    trimss .. ditunggu jawabannya

  43. rie desni
    December 10, 2009 at 4:04 pm | #48

    pak saya mau nanya
    gimana ci cara mgobati mta rbun so
    dr 2004pke kca mata tp gk smbuh2
    mlah mkin nmbah mnus ya!!!

  44. December 27, 2009 at 7:05 pm | #49

    Selamat sore,
    Obat Alami untuk penderita mata minus dan silindris bisa dengan PROPOLIS. Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai
    Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita mata minus dan silindris & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenerasi sel sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berperanan dalam memperbaiki sistem kapilari dan kerapuhan pembuluh darah.

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

  45. yenks
    January 26, 2010 at 6:29 am | #50

    Ikut gabung dong, klo bisa aq juga pesen dong obat otem nya…. Aq gadis 20 tahun, aq menderita mata minus mata kiri minus 4, mata kanan minus 7…. Saya tersiksa dgn ganguan mata ini, vit a, n dll saya coba… Tapi minus saya malah semakin bertambah.tolong saya, bagi yang banyak obat otem, aq beli yah….saya lagi di daerah sumedang,jabar. saya beli yah, untuk info nya send to my email,: yenov_89@yahoo.com

  46. Copz
    February 14, 2010 at 10:54 am | #51

    bro cara mudah biar sembuh dri mata apa?

  47. DEVI ADIYATI
    May 14, 2010 at 9:22 am | #52

    ikut gabung dong, kalo propolis belinya di mana? tetes apa dimakan?

  48. dila
    May 17, 2010 at 2:13 pm | #53

    low di malang da gk ya yang jual otem??????????
    dmna?????
    pleace ksih tau………

  49. dani
    June 10, 2010 at 7:33 pm | #54

    ane dani umur 23 thn .. mau bgt sembuh dari mata minus . kanan 3 .. kiri 2,75 ..
    gmana cara.a or apa obat.a iaa . makasih …

  50. niia
    July 1, 2010 at 3:16 pm | #55

    kalo silinder bisa g pake obat OTEM??
    silinderku udah 225 kemarin baru cek mata.
    minus 0.25

  51. soffi
    July 14, 2010 at 7:25 pm | #56

    kak ishak. sofi jga pengen banget lepas dari kacamata. soalnya kacamata sofi gak enak banget klo di pake suka sakit di daerah sekaliling mata.
    obat OTEM, sofi pernah coba. tapi, … ih pedihnya bener” pedih.. tapi, lumayan pas udah pake itu mata sofi agak sedikit terang, tapi, sekarang sofi udah g pake obat itu lagi soalnya takut ada efek sampingnya… soalnya… bener” sakit..
    maksih,kak… tlng di jawab..

  52. July 18, 2010 at 12:55 am | #57

    HaLah , maLah jadi ajang Promosi

  53. devitasari
    July 29, 2010 at 9:00 am | #58

    maaf
    q gadis 17thun mnderita rbun jauh dr usia 12thn
    skrg mta knan q mines 2 dan mata kiri q minis 1,75
    q bner’ bosan dengan softlens
    lw bleh tw d jambi di tko apa q bs dpat_i OTEM????????
    q pngen banget smbuh
    dan
    syukron kasiron
    ats infox
    _+

  54. laras
    August 16, 2010 at 1:25 pm | #59

    mata saya minus 5.5 , saya pengen bgt sembuh .
    tiap hari saya mengkonsumsi wortel .
    tapi ngga ada efek sama sekali .
    obat OTEM itu kira2 dimana ya jual lagi ?

  55. August 19, 2010 at 12:20 pm | #60

    Saya nemu iklan di sini http://cari.iklanmax.com/obat-mata-minus/. isinya begini

    Kami menyediakan obat tetes mata OTEM, sangat mujarab untuk mata minus, mata plus, silinder dan katarak
    Harga Rp. 25.000/ botol isi 15 ml
    Kontak:
    Yani Murdani S
    08122428032
    email: yani.murdani@ yahoo.com
    Negara Asal: Indonesia
    Harga: Rp. 25.000/ botol
    Harga: Rp. call
    Kontak: Tn. Yani Murdani S, S.Si., Apt
    Telepon/Ponsel: 08122428032
    Alamat: Toko Hari Jaya. Jalan Pangeran Sutajaya No.440 Desa Gebang Udik Kec. Gebang Kab. Cirebon, Cirebon Timur 45191
    Kota: Cirebon 45191, Jawa Barat

    Silahkan dicoba. n reviewnya dinanti…

  56. eha
    September 1, 2010 at 1:04 pm | #61

    wah, ternyata dah byk jg yg kenal sama OTEM.. ^_^
    ia aq jg dh pernah cb pakai OTEM u/ keskian kalinya, mmg blm ada hasilnya c. Tapi mata jd nyaman aja, klw kalian mau beli mudah ko coba ditoko2 islami aja..

  57. Nurdiana
    September 1, 2010 at 10:34 pm | #62

    Dimana yah beli obat penyembuh mata minuss. .
    Karena saya , jika saya pake kacamata mengganggu aktivitass saya. .
    Makasih’

  58. niar
    October 15, 2010 at 10:51 am | #63

    kak sy cwek usia 17 thn,,mata udh rbun n brkcmata…
    Nyksa bnget…,,
    SranX donk…wLwpn ringn tp efektif

  59. siti nurmayanti
    October 19, 2010 at 7:11 pm | #64

    Ass,,,,,,,,,,
    pak obat OTEM nie terbuatnya dri bhan alamiah apa bahn kimia?
    ada efek sampingnya enggak, ? mangnya ponakan bpk, matany udah gak minus lagi, brapa lama proses penyembuhannya pak?
    kalau boleh tau sediaannya cair seperti insto enggak?
    belinya drimna?
    Saya dri kls 1 sma dah pake kcmata minus 1.

  60. October 22, 2010 at 2:22 pm | #65

    Q skrg umur 13 th. min 0.25
    tapi kenapa mata ku selalu kedip-kedip terus??
    di obatin pakai apa??

  61. farida
    October 24, 2010 at 10:34 am | #66

    yang benar wortel mengandung obat apa?????????????

  62. SUHARI BK
    October 27, 2010 at 11:32 pm | #67

    pak isqak.sy suka daya fikir anda bagai seorg jenius.klo ada info mohon d bagi lagi.gmn?sdh menemukan cara utk mengatasi menurut pandangan anda pak?dr kudus mksh..

  63. fa’i
    November 20, 2010 at 2:17 pm | #68

    duuhh..
    mata saya dah minus 2 nichh….
    hai temen2 ada ga sihh obat min selain obat OTEM….
    ppplliissss bantu q dund..
    mata min itu sangat menyusahkan bagi dri q…….
    pliss kasih tau yachh……

  64. September 8, 2012 at 8:20 pm | #69

    Ishak :
    #arie
    Semua hal yang dilakukan tidak rutin, pasti jg hasilnya kurang sesuai dgn yang kita harapkan. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, obat ini cukup perih. Tapi alhamdulillah terbukti untuk ponakanku.

  65. Maymoon sweet
    December 5, 2012 at 12:41 pm | #70

    Saya jg pemakai OTEM,
    tp sya blm mrsa da perbahn.

    Dikatkan pemakaian rutin itu brp X dlm sehri?
    Kra sya msh tkut jka sering metesknx akn timbul efek smping yg lain.

  66. Hestyw
    January 25, 2013 at 12:48 pm | #71

    kalo secara alami cara menurunkan mata minus gimana ya?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: