Home > Work > Bagaimana membuat “User Guide” dengan mudah ?

Bagaimana membuat “User Guide” dengan mudah ?

Pekerjaan yang biasanya cukup membosankan adalah membuat user guide untuk aplikasi yang telah selesai di buat dan ready to deliver to user. Bayangkan, kita harus capture semua menu dan form dari aplikasi dengan berbagai kondisi. Belum lagi kesulitan untuk print screen dari form, apalagi menu yang susah untuk dicapture.

Beberapa hari ini surfing di internet untuk cari tools yang tepat, agar lebih mudah capture form dari aplikasi, termasuk menu. Dan dari hasil tanya ke mbah “google”, akhirnya dapat tools snagIt. Software ini meski berbayar, tapi kita dapat download untuk coba beberapa hari lamanya ( 30 sepertinya, tapi belum tahu, apakah juga dibatasi berapa jumlah image yang boleh dicapture ).

Pemakaiannya pun cukup mudah. Cukup jalankan aplikasi SnagIt, kemudian buka aplikasi yang akan di capture, pilih mode capture yang diinginkan ( partial, full screen, window aplikasi dan lainnya ). Disamping itu disediakan sebuah editor untuk menambahkan informasi pada image yang telah dicapture dari aplikasi.

Selain SnagIt, sebenarnya yang banyak dipakai sekarang ini untuk pembuatan tutorial / user guide adalah Camtasia. Software ini digunakan untuk keperluan screen recorder. hasil dari aplikasi ini adalah sebuah multimedia interaktif yang “funky”. Mengapa, karena kita dengan mudah dapat menambahkan voice/suara dalam “film” user guide yang kita buat.

Ada satu lagi yang free, dan memiliki fasilitas sama dengan camtasia, yaitu Wink. Sebuah aplikasi free yang cukup powerfull. Namun dibandingkan dengan Camtasia, wink memiliki kekurangan yaitu kita tidak dapat melanjutkan project yang sudah kita create. So 1 project hanya untuk 1 kali rekam.

But bagaimanapun, masing – masing memiliki kelebihan. Wink tidak perlu bayar alias gratis, sedangkan Camtasia, anda harus merogoh kocek minimal 2,6 juta untuk 1 user. So pilih mana ??? Tergantung budget yang anda punya.🙂

Selamat Berkarya.

Categories: Work
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: