Home > Misc, Renungan, Self Development > Sudah siapkah kita dengan perubahan ?

Sudah siapkah kita dengan perubahan ?

” Gimana kabar semuanya ? Tgl 31 Oktober 2007 nanti, PT. *** resmi tutup.Ini semua diakibatkan karena perkembangan teknologi, produk kita ga terpakai lagi. Jadi mau ga mau harus tutup. Produk tersisa akan ditransfer ke *** Malaysia dan *** Japan. Ada lowongan nggak yah ??…..”

Itulah sepenggal email dari teman kuliahku yang bekerja pada sebuah PMA dari jepang. Sedih… pasti. Itu juga yang mungkin dirasakan oleh rekan-rekan kerjaku dulu, sewaktu masih bekerja di Cikarang, di sebuah pabrik Funnel milik AGC Japan. Harus rela kehilangan pekerjaan, akibat dari perubahan jaman.

setuju atau pun tidak, perubahan [ atau lebih tepatnya kemajuan ] teknologi pasti akan menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitarnya, baik secara langsung ( yang terkait dengan teknologi itu sendiri ) maupun tidak langsung.

Ambil contoh misalnya televisi. Dulu waktu jaman tabung, perusahaan pembuat CRT ( di indonesia saja ada 3 yang aku tahu ) berkembang begitu pesat. Produksi sehari bisa mencapai 18.000 pcs/hari. Tapi karena peralihan ke TV Plasma, akhirnya banyak company terpaksa harus tutup. Begitu juga dengan kasus temanku diatas.

Lalu bagaimana sebenarnya yang harus kita lakukan ? Haruskah kita jadi pekerja “kutu loncat” ?. Hehehe,… menurutku tidak juga. Yang harus kita lakukan adalah belajar mengenal dunia. Ya…. dunia diluar kita. Bahwa sekecil apapun perubahan yang terjadi, pasti akan berpengaruh pada kita, dimanapun kita bekerja. Kemudian hal lain yang harus disiapkan adalah skill yang applicable di banyak bidang. Jangan pernah puas dengan apa yang kita bisa sekarang. Ada orang bijak berkata,”Jika kamu membatasi apa yang kamu bisa lakukan, maka sebenarnya kamu telah membatasi apa yang akan kamu dapatkan”. Kenapa skill yang applicable di banyak tempat ? simple….karena kalo pindah kerja tidak harus belajar lagi, atau minimal belajarnya sedikit saja.

So, sudah saatnya kita keluar dari tempurung. Dunia begitu luas untuk dijelajahi. Ada banyak kesempatan diluar sana yang cukup menjanjikan. Mulailah membekali diri dengan skill, bukan dengan muscle….

Selamat belajar…..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: