Home > Ijin Kerja, Misc, Singapore, Work > Bagaimana mengurus ijin kerja “S Pass” di singapura

Bagaimana mengurus ijin kerja “S Pass” di singapura

Tulisan ini ditujukan buat rekan-rekan yang dapat offer kerja di singapura dan harus mengurus ijin kerja sendiri. Pada umumnya, ijin kerja ini diuruskan oleh employer ( pemberi kerja ). Tapi beberapa kasus khusus ( seperti saya ), kita harus urus semuanya sendiri, kecuali apply ijin kerja yang pertama. So, untuk mempermudah rekan-rekan yang lain yang mungkin mengalami kejadian yang sama, sengaja saya tuliskan pengalaman saya yang baru saja saya alami. ( hikhik…ngantri tapi nggak tahu urutan proses.. mana susah tanya, soale ndak ada security😀 ).

So, Urutan prosesnya adalah sebagai berikut :

  • Apply ijin kerja ke MoM ( Minister of Manpower ). Ada 2 cara, bisa dengan apply manual, atau juga online dgnbantuan employer ( company tempat kita dapat kerja ). Jika apply manual, pastikan form sudah di sign oleh employer. Untuk apply online biasanya lebih mudah.
  • Apply online biasanya sedikit lebih cepat dari appy manual. Untuk kasus saya, IPA ( In Principle Approval ) sudah keluar tepat minggu ke 2 setelah apply.
  • Employer akan cetak IPA tersebut, dan barulah perburuan kita mulai.😀
  • Jika pada IPA letter kita diminta untuk cek kesehatan, maka kita mesti ke clinic untuk medical check up. Bawalah IPA letter dan passport. Biaya yang dibutuhkan relatif murah. Dengan SGD$42-an, saya sudah bisa dapat medical report dari clinic SATA, yang ada di china town. Waktunya pun lumayan cepat, hanya butuh 1 hati kerja. So, hari ini kita periksa, besok sore hasilnya sudah dapat kita ambil.
  • Biasanya untuk S Pass, kita diminta untuk lapor ke MoM, deket china town, untuk verifikasi dokumen. So, jangan lupa untuk bawa semua perlengkapan perang yang dibutuhkan. ( Ijazah asli, hasil medical check up, dan translation ke english untuk semua dokumen yang dibutuhkan. Meski tidak semuanya nanti akan diambil, tapi yang pasti bawa saja buat aman )😀
  • Ambil antrian di lantai 1 gedung MoM. Perhatikan petunjuk yang ada yang terdapat pada mesin pencetak nomor antrian. Datang pagi-pagi lebih baik, supaya antrinya tidak terlalu lama. Tapi sumpah, aku aja yang dapat antrian 100-an cepet kok. Jam 9 udah selesai.
  • Ohya, biaya yang dibutuhkan saat verifikasi dokumen adalah SGD$30. Jangan lupa bawa uang, karena tidak bisa kas bon.😀
  • Setelah payment biaya, kita akan diminta untuk lapor ke Work Pass Services Centre yang ada di Tanjung Pagar Complex. Jika masih pagi, sebaiknya langsung cabut ke sana. Dari MoM ke WPSC bisa menggunakan bis, or kalo mo cepet bisa naik taxi, cuma sekitar SGD$5.😦
  • Yang harus dipersiapkan adalah photo ukuran 4×6 dengan warna latar belakang putih, dan muka harus kelihatan lebih besar ( sedikit berbeda dengan photo 4×6 biasanya ). Jangan takut mesti photo dimana. hehehe. Di sebelah kanan bagian registrasi/antrian untuk ambil Queue No ada photo service. Cuma SGD$6, dapat photo 4 ( huh, meski nanti yang dipakai cuma 1, itupun dibalikin lagi kekita ). Eit satu lagi, dokumen yang didapat waktu pembayaran di MoM jgn sampai hilang.
  • Sesudah photo, ikutlah antrian untuk ambil Q No. Jangan takut, antrian ini cukup cepat kok.
  • Sesudah dapat no antri, sekarang waktunya menunggu. Tahap selanjutnya adalah lapor ke petugas ( berdasarkan no antrian, so tunggu saja, sampai No Antrian nongol dilayar.
  • Sesudah proses awal ( kertas dari MoM akan dicap ), selanjutnya adalah antri untuk mengambil sidik jari. Antrian ini pun cukup cepat. So, jangan khawatir.
  • Sesudah sidik jari, berarti proses awal sudah selesai. Yang harus dilakukan sekarang adalah pulang kerumah, menunggu sampai green card kita selesai. Biasanya waktunya 4 hari kerja. Perhatikan saja cap yang ada pada kertas kita.😀

Demikian urutan proses untuk S Pass. Jika ada yang sedikit berbeda, mohon maaf, karena ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan buka website MoM, disana informasi lebih lengkap. Semoga berguna

Categories: Ijin Kerja, Misc, Singapore, Work
  1. subhan
    April 26, 2009 at 1:10 am

    Thanks pak ishak atas informasinya.
    Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    perusahaan tempat saya bekerja sekarang akan mengirim saya ke singapur untuk bekerja disana.
    sebelum saya berangkat apakah saya perlu mendapat visa bekerja dari kedutaan singapura di indonesia?
    adakah persyaratan yang harus diselesaikan oleh perusahaan sebelum memberangkatkan saya?
    saya mohon jawaban dari Bapak, karena menurut rencana saya akan berangkat pada tanggal 4 mei 2009.
    terima kasih sebelumnya.

    Mohammad Subchan
    E-mail : hanslippi@yahoo.com/mohammad.subchan@gmail.com

  2. yessi
    December 7, 2009 at 6:41 pm

    klo belom dapet offer kerja, tapi mau ke sana stay sama temen dan baru cari kerja, prosedur apa yg mesti dijalanin dan apa aja yg mesti dipersiapin, pak? dan budgetnya kira2 berapa buat masing2 proses?

    • December 23, 2009 at 4:07 pm

      selama ada uang, bisa saja stay dengan visa turis, namun hanya 30 hari ( extendable tapi bisa juga tidak ).
      Budget, yah, kira2 dengan SGD 1500 / bulan sudah bisa lah……

  3. rahma
    November 9, 2010 at 12:34 pm

    perlu apa aja sih dokumen-dokumennya?
    ijazah
    medical
    referensi kerja
    trus apa lagi? yg di translate itu apa aja?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: